Ditemukan Orang Utan, Elang, dan Satwa Dilindungi Lainnya di Rumah Bupati Langkat

VONMAGZ, JAKARTA- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Utara dilaporkan menemukan satu orang utan dan beberapa jenis satwa dilindungi lainnya di rumah pribadi Bupati nonaktif Langkat. Saat ini satwa dilindungi tersebut sudah disita dan diamankan bersamaan dengan penggeledahan yang dilakukan oleh KPK yang sebelumnya ditemukan kerangkeng manusia tanpa izin.


Photo Courtesy of IDN Times Sumut


Aparat melaporkan jenis satwa dilindungi lainnya termasuk satu ekor monyet hitam Sulawesi (Cynopithecus Niger), satu ekor elang brontoh (Spizaetus cirrhatus), dua ekor jalak Bali (Leucopsar rothschildi), dan dua ekor beo (Gracula religiosa). "Penggeledahan dilakukan Balai Gakkum Kementrian Lingkungan Hidup, dan Kehutanan, serta KPK" kata Rizal dari pihak BBKSDA Sumut.



"Tim BBKSDA Sumut segera mengevakuasi Orangutan Sumatera dan menitipkannya di Pusat Karantina dan Rehabilitasi orangutan Baru Mbelin, Sibolangit guna dirawat dan direhabilitasi. Satwa dilindungi itu akan dikembalikan ke habitatnya setelah dilakukan kajian kesiapan satwa untuk dapat dilepasliarkan. Sedangkan untuk satwa Monyet Hitam Sulawesi, Elang brontoh, Jalak Bali dan Beo dievakuasi ke Pusat Penyelamatan Satwa Sibolangit" tambah Rizal.

0 comments