top of page

Ditanya DPR Soal Kebocoran Data, Johnny G.Plate: Bukan Tanggung Jawab Kominfo

VONMAGZ, JAKARTA- Johnny G.Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh DPR berkaitan dengan kebocoran data akibat serangan hack. Menurut Johnny, hal tersebut bukanlah ranahnya dan bukan tanggung jawab kominfo.

Photo Courtesy of Detik.com


Ia juga menambahkan bahwa hal itu merupakan tanggung jawab Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) karena Kemenkominfo tidak bisa bekerja melampaui kewenangan yang tercantum dalam PP 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik.


"Terhadap semua serangan siber leading sector dan domain penting, tugas pokok, dan fungsi, bukan di kominfo. Terhadap semua serangan siber atas ruang digital kita menjadi domain teknis Badan Siber dan Sandi Negara. Semua pertanyaan tadi terkait serangan siber, kami tak bisa menjawa atas nama BSSN. Saya kira logis logika umumnya ya pihak yang beri perintah pendaftaran itu wajib menjaga, apa lagi kalau ada UU PDP" kata Johnny lewat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi I DPR, Rabu (7 September).


"Selama ini kami menjawab semua ini agar publik mengetahuinya, tapi bukan menjadi domain dan tugasnya Kominfo dalam kaitan dengan hal-hal teknis serangan siber, karena serangan siber sepenuhnya sekali lagi domain BSSN" tambah Johnny.



0 comments
bottom of page