Dinilai Terlalu Berisik, India Akan Ganti Suara Klakson Dengan Suara Seruling

VONMAGZ, Jakarta- Kementrian transportasi India mengatakan akan membuat aturan baru tentang penggunaan klakson yang dinilai menimbulkan kebisingan dan menjadi sebuah polusi suara. Suara klakson di India nantinya kemungkinan akan dganti menjadi seperti suara alat musik suling.

Foto: Getty


"Saya tinggal di lantai 11 di Nagpur. Saya melakukan pranayama (latihan yoga untuk pernapasan) selama satu jam setiap pagi. Tapi klakson mengganggu kesunyian pagi. Setelah masalah ini, pikiran muncul di benak saya bahwa klakson kendaraan harus digunakan dengan benar. Kami sudah mulai memikirkannya bahwa suara klakson mobil seharusnya menjadi instrumen India dan kami sedang membahasnya. Suara instrumen seperti tabla, biola, suling seharusnya yang didengar dari klakson" kata Menteri Transportasi India, Nitin Gadkari.


Getty


Jika di Indonesia klakson hanya digunakan saat hanya ingin mendahului pengemudi mobil atau kendaraan lainnya untuk menghindari tabrakan. Namun bagi pengemudi di India, klakson digunakan untuk menyapa, memberi tahu posisi, menegur pengemudi lain, hingga tindakan mitigasi.

0 comments