Demo di Kazakhstan Makin Rusuh, Aparat Kepolisian Ditemukan Dalam Keadaan Terpenggal

VONMAGZ, JAKARTA- Kazakhstan saat ini rusuh dan krisis karena demo besar besaran oleh para demonstran untuk protes kenaikan harga BBM yang terus naik di negara tersebut yang berpengaruh ke harga kebutuhan pokok. Di satu sisi, para demonstran juga menuntut pemerintah Kazakhstan untuk segera mengundurkan diri karena dilaporkan telah melakan korupsi besar besaran.

Photo Courtesy of AFP


Kassym-Komart Tokayev selaku mantan Presiden Kazakhstan yang dipanggil 'Pak Tua' oleh warga sudah mundur 2019 yang lalu. Tapi walaupun sudah mundur, penguasa selama 3 dekade tersebut punya pengaruh besar di pemerintahan Kazakhstan.




Para demonstran mengamuk hingga membakar istana presiden. Puluhan orang dilaporkan meninggal dunia, ratusan terluka, dan hampir dua ribu orang ditahan. Aplikasi chatting seperti WhatsApp hingga Telegram tidak bisa diakses oleh masyarakat. Lalu pada Kamis (6 Januari) malam kerusuhan semakin kacau antara para pengunjuk rasa dan pasukan militer di plaza utama Almaty. Reuters melaporkan sebanyak 18 aparat keamanan meninggal dan dua diantaranya ditemukan dalam keadaan terpenggal dan 748 petugas terluka.

0 comments