Coca Cola Sumbang 35 Triliun, UEFA Minta Pemain Hormati dan Ingatkan Kewajiban Sponsor Euro

VONMAGZ, JAKARTA- UEFA merespons aksi Cristiano Ronaldo di momen ia menyingkirkan botol Coca Cola dan menggantinya dengan air mineral saat konferensi pers European Championship. UEFA meminta para pemain untuk menghormati dan mengingatkan kewajiban kontraktual terhadap sponsor turnamen tersebut. "UEFA mengingatkan kepada seluruh tim peserta bahwa kerja sama dengan pihak lain adalah bagian tidak terpisahkan dari kejuaraan ini dan juga untuk memastikan perkembangan sepak bola di seluruh Eropa" kata Martin Kallen selaku Direktur Turnamen Euro 2020 UEFA.

Getty


Insiden Ronaldo yang memindahkan Coca Cola dan mengatakan air mineral dalam bahasa Portugal menjadi viral dan membuat nilai saham Coca Cola sempat turun drastis. Namun UEFA mengatakan bahwa mereka tidak akan menjatuhkan denda apapun kepada para pemain yang menyingkirkan botol sponsor dalam konferensi pers alih alih menyerahkan hal tersebut kepada federasi sepakbola ke masing masing negara peserta. "Kami tidak pernah secara langsung menjatuhkan denda kepada pemain, kami selalu melakukannya melalui federasi dan mereka yang mengambil tindakan. Kami punya aturan yang disetujui oleh seluruh federasi. Kami mengingatkan mereka tentang kewajiban itu dan memang hukuman denda selalu terbuka" kata Kallen.

Seperti yang diketahui, Coca Cola dan Heineken merupakan salah satu dari 12 sponsor Euro 2020 yang menyumbang hampir 35 triliun untuk total pendapatan UEFA. Para pemain secara tidak langsung mendapatkan keuntungan besar melalui federasi. "UEFA telah berbicara dengan tim tentang masalah ini. Hal tersebut penting karena pendapatan sponsor sangat berpengaruh kepada turnamen dan sepakbola Eropa" tambah Kallen.



0 comments