Cina Menjadi Negara Kedua Setelah Amerika Serikat yang Berhasil Mendarat di Mars

VONMAGZ, Jakarta- China dilaporkan telah berhasil mendarat di Mars dan menjadi negara kedua setelah Amerika Serikat yang menyelesaikan tugas tersebut. Administrasli Luar Angkasa Nasional China mengirim penjelajah Zhurong di Tianwen-1 dimana ia mendarat di daerah bernama Utopia Planitia di Mars.


Merespons keberhasilkan mereka, Thomas Zurbuchen selaku administrator di asosiasi NASA mengucapkan selamat kepalada Administrasi Luar Angkasa Nasional China di Twitter. "Selamat kepada tim #tianwen1 CNSA atas keberhasilan pendaratan penjelajah Mars pertama di China, #Zhurong! Bersama dengan komunitas sains global, saya menantikan kontribusi penting yang akan diberikan misi ini bagi pemahaman umat manusia tentang Planet Merah" tulis ucapan tersebut.



China yang kini bergabung dengan para penjelajah lain dari Perseverance NASA akan tetap berada di permukaan Mars hingga tiga bulan kedepan untuk mengumpulkan data tentang lingkungan dan situasi sekitarnya yang didukung oleh energi matahari dan dilengkapi dengan kamera multispektral, kamera NaTe, detektor angin dan suara, probe magnetometer, laser LIBS, sensor suhu dan tekanan, dan antena radar bawah permukaan

0 comments