Persoalkan Buah Nanas, Cina dan Taiwan Alami Ketegangan Politik

VONMAGZ, Jakarta- China dan Taiwan dikabarkan tengah berselisih hanya karena persoalan buah nanas. China secara tiba tiba melarang negaranya melakukan impor nanas dari Taiwan setelah mereka menemukan hama pada nanas impor tersebut. Merespons hal tersebut, Tsai Ing-Wen Presiden Taiwan langsung meminta seluruh warganya untuk mengkonsumsi lebih banyak nanas untuk membantu petani lokal.

Dok : Daily Express


Pemerintah Cina mengatakan mulai Maret akan menghentikan impor nanas dari taiwan karena dinilai akan mengancam pertanian Cina. Keputusan tersebut pun memicu kecaman dari para pejabat di Taiwan, termasuk Tsai yang menganggap Cina telah mengintimidasi ekonomi. Tsai mengatakan ekspor pertanian dari Vietnam telah memenuhi standar internasional. "Cina mengirimkan pemberitahuan seperti penyergapan, secara sepihak menangguhkan impor nanas Taiwan. Ini jelas bukan keputusan perdagangan yang normal" tulis Tsai seperti yang dilansir oleh Reuters.


Partai Profresif Demokratik yang berkuasa di Taiwan mengatakan adanya tekanan dan ancaman politik atas larangan China kepada Taiwan. "Ini bukan pertama kalinya China menggunakan ekspor pertanian ke negara lain sebagai ancaman politik" kata DPP dalam sebuah pernyataan. China sendiri nilai memang telah meningkatkan tekanan terhadap Taiwan sejak Presiden Tsai Ing Wen menjabat mulai dari tahun 2016 yang lalu karena dianggap dibawah kekuasaannya dianggap berdaulat ke de facto bukan salah satu bagian dari China

0 comments