Chip Berada di Titik Krisis, PS5, Toyota, Apple, Volvo Berpotensi Langka

VONMAGZ, Jakarta- Seperti yang diketahui, jutaan produk seperti mesin cuci, smartphone, mobil, playstation dan teknologi lainnya mengandalkan sebuah chip komputer yang juga disebut semikonduktor. Chip komputer sendiri dapat menjalankan berbagai fungsi bahwa bisa lebih dari satu perangkat. Namun baru baru ini sebuah riset menyebutkan bahwa chip tersebut jumlahnya sudah tidak lagi cukup untuk memenuhi permintaan industri yang akhirnya mengakibatkan produk mengalami kelangkaan.

Getty


Produk populer seperti Toyota, PS5, Volvo bahkan harus menunda dan menghentikan sementara produksi pabrik mereka. Produsen smartphone juga merasa kesulitan setelah peringan Apple mengalami kelangkaan tersebut yang dapat berdampak pada penjualan iPhone, seperti yang dilansir oleh BBC Indonesia. Penjualan mobil bekas dilaporkan naik karena suplai mobil baru yang biasanya dilengkapi ribuan chip kini telah berkurang. Ada kemungkinan beberapa waktu dekat akan lebih banyak lagi produk yang mengalami pengurangan.

Getty


Seorang analis di perusahaan teknologi informasi AS Gartner mengatakan bahwa industri chip sendiri telah mengalami banyak tekanan sebelum pandemi. Diantaranya setelah munculnya permintaan 5G dan keputusan Amerika untuk mencegah penjualan chip ke Huawei sehingga menyebabkan para produsen chip di luar AS kebanjiran pesanan. Situs berita industri Semiconductor Engineering menyoroti resiko kekurangan chip pada Februari 2020.


Lalu selama pandemi, banyak orang orang di seluruh dunia yang bekerja dari rumah yang membutuhkan laptop, iPad, webcam, keyboard dan teknologi lainnya untuk membantu pekerjaan mereka yang menjadi pertanda awal turun naiknya permintaan yang menyebabkan penimbunan dan pemesanan chip oleh beberapa perusahaan teknologi.


0 comments