CEO Spotify Dituduh Bayar Musisi Sedikit, Daniel Ek Ungkap Musisi Modern Asal Asalan Buat Karya

VONMAGZ, Jakarta- Daniel Ek pendiri Spotify membahas dan menjawab sebuah wawancara yang membantah tuduhan terhadap dirinya yang membayar royalti sedikit kepada artis dan musisi yang hanya memperoleh $0,00350 per streaming. Beberapa masyarakat bahkan berpatisipasi untuk mengecam perusahaan yang diluncurkan pada tahun 2000 tersebut.

Dok : TIME MAGAZINE


Menurut Daniel, peran musisi sendiri saat ini akan berubah di masa depan. Ia menunjukkan data bahwa banyak dari beberapa musisi merasa puas dengan sistem pembayaran yang dilakukan oleh Spotify. "Secara pribadi mereka telah memuji dan puas terhadap Spotify berkali kali, namun di depan umum tentu mereka tidak akan memiliki inisiatif untuk melakukannya. Dari data semakin banyak artis dan dapat hidup bergantung dengan pendapatan dari streaming itu" ungkapnya.

Dok : Bloomberg


Membela dari kritikan terhadap Spotify, ia juga mengatakan bahwa musisi dahulu dan sekarang jelas berbeda. Musisi terdahulu tidak dapat menciptakan musik sekali setiap 3 tahun hingga 4 tahun lamanya. "Para musisi ini yang membuatnya sadar bahwa ini adalah tentang menciptakan keterlibatan secara berkala dengan para penggemar. Ini tentang menempatkan sebuah karya dan menjaga dialog berkelanjutan dengan penggemar. Saya merasa bahwa musisi saat ini yang tidak melakukan produksi musik dengan baik seperti musisi dahulu" jelasnya.


Daniel Ek menjelaskan jika para musisi baru ini terus menerus mengeluarkan materi baru hanya untuk mendapatkan sebuah pernyataan, tentu tidak akan menyentuh hati penggemar dan tidak memanusiakan sebuah karya. Seperti hal nya industri konser yang digantikan oleh digital, maka akan memiliki potensi yang berbahaya.

0 comments