Cari Kehidupan Selain Bumi, Robot Penjelajah 'Percy' Berhasil Mendarat di Mars

VONMAGZ, JAKARTA- NASA telah berhasil mendaratkan robot penjelajah di Mars pada hari Kamis (18/2/21) sebuah usaha dalam beberapa dekade untuk mengetahui dan mempelajari apakah ada kehidupan di planet merah tersebut. Robot senilai $2,7 miliar tersebut bernama Perseverance (Percy) membawa alat canggih yang akan mencari kehidupan di luar planet kita. Ia telah menempuh perjalanan hampir 300 juta mil sejak meninggal bumi lebih dari 6 bulan yang lalu.


"Pendaratan ini adalah salah satu momen penting bagi NASA, Amerika Serikat, dan eksplorasi luar angkasa secara global. Misi Mars 2020 Perseverance mewujudkan semangat bangsa kita untuk bertahan bahkan dalam situasi yang paling menantang, menginspirasi, dan memajukan sains dan ekplorasi. Misi tersebut merupakan perwujudan dan cita cita manusia untuk menuju masa depan dan akan membantu kita mempersiapkan eksplorasi manusia di Planet Merah pada tahun 2030 an" ucap Steve Jurcyz, pejabat administrator NASA.


Kini setelah Percy telah mendarat, misi kedua akan dimulai. Seluruh masyarakat dapat mengikuti perjalannya menggunakan peta interaktif di situs resmi NASA. Kasaran gambar akan dikirim oleh sang robot pada minggu ini dan seterusnya. "Tim Ingenuity akan selalu siap dengan Tim Perseverance pada hari pendaratan. Kami tidak dapat menunggu sampai rover dan helikopter sama sama aman di permukaan Mars dan siap beraksi" kata Ken Farley selaku ilmuyan proyek Mars 2020.

0 comments
  • Instagram