Cabai Hingga Tarif Pesawat Jadi Penyebab Utama Inflasi di Indonesia

VONMAGZ, JAKARTA - Memasuki tahun 2022, Indonesia dilanda inflasi yang tak berkesudahan. Hal ini dipengaruhi oleh melonjaknya harga komoditas yang diungkap oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono, yang menyebut ada lima komoditas yang memberikan andil terbesar pada inflasi sejak awal tahun hingga Juli 2022.


Photo Courtesy of CNN Indonesia


Pemerintah harus mengupayakan pengendalian harga kelima komoditas untuk menghindari indeks harga konsumen (IHK) melonjak. Kelima komoditas itu adalah cabai merah dengan kontribusi sebesar 0,41 persen, bawang merah dengan kontribusi 0,30 persen, tarif angkutan udara dengan kontribusi sebanyak 0,29 persen, bahan bakar rumah tangga dengan kontribusi 0,23 persen, dan bensin yang memberikan kontribusi 0,10 persen.


"Kami melihat bahwa memang tanda-tanda inflasi yang terus meningkat ini. Ekspektasi inflasi yang juga meningkat perlu direspons secara cepat, baik dari sisi rapat koordinasi untuk tim pengendalian inflasi pusat dan daerah, fiskal, maupun dari sisi moneter," ujar Margo.


0 comments