Boris Johnson Mengundurkan Diri Setelah Puluhan Menteri Memutuskan Mundur

VONMAGZ, JAKARTA- Boris Johnson, Perdana Menteri Inggris secara resmi mengundurkan diri pada Kamis (7 Juli) yang diumumkan di kantornya di Downing Street Nomor 10. "Proses pemilihan pemimpin baru harus dimulai sekarang dan jadwalnya akan diumumkan minggu depan. Dan hari ini saya telah menunjuk sebuah kabinet untuk bertugas, seperti yang akan saya lakukan hingga pemimpin baru nantinya ada. Terima kasih atas tugas ini yang luar biasa, mayoritas Konservatif terbesar sejak 1987" kata Johnson.

Photo Courtesy of BBC


Johnson mengundurkan diri setelah aksi puluhan pejabat yang memutuskan mundur dengan alasan muak dengan sikap dan kebijakan dengan perdana menterinya. Menteri keuangan Rishi Sunak, Menteri Kesehatan Sajid Javid juga mengundurkan diri diikuti oleh menteri-menteri lainnya. Mereka menilai bahwa rakyat Inggris berhak mendapatkan pemimpin yang layak, kompeten dan serius. Pengunduran massal tersebut terjadi setelah Boris Johnson terseret banyak skandal seperti pemborosan anggaran, memilih pelaku pelecehan seksual sebagai pejabat, hingga pesta ilegal dan pembatasan Covid-19.


Sebelum mengundurkan diri, menteri keuangan Inggris, Nadhim Zahawi mendesak Boris Johnson untuk segera mundur 48 jam sebelumnya. Dan meskipun telah memutuskan untuk mundur, Boris Johnson mengatakan akan tetap berada dalam perannya untuk melindungi keamanan nasional.

0 comments