BMKG Peringatkan Potensi Terburuk Tsunami Setinggi 30 Meter di Jawa Timur

VONMAGZ, Jakarta- BMKG memperingatkan potensi adanya gempa bumi diatas Magnitudo 7 dan tsunami hingga 29 meter di pesisir selatan Jawa Timur apabila dirasakan gempa besar. "Hasil analisis kami untuk wilayah Jatim, seluruh pesisir itu potensinya, tinggi maksimum 26-29 meter di Kabupaten Trenggalek, itu tinggi maksimum. Waktu tiba tercepat 20-24 menit di Kabupaten Blitar. Ini sudah masuk genangan, bukan tinggi gelombang di pinggir pantai. Genangan bisa mencapai 22 meter, ini sampai masuknya juga menjorok cukup jauh" kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati lewat chanel Youtube Info BMKG.

Dok : Black Experience


Dwikorita menyebut selama ini rata rata kejadian gempa bumi mencapai 300-400 kali sebulan. Namun sejak Januari 2021, jumlahnya meningkat pesat menjadi 600 kali sebulan. "Jadi memang sejak awal tahun kami melakukan, sebelum ada kejadian gempa di Jawa Timur yang sudah dua kali ini, tepatnya akhir tahun kami melakukan evaluasi di wilayah Indonesia ini mengalami peningkatan kejadian gempa bumi di beberapa daerah. Terutama klaster antara lain yang ada di Jawa Timur atau tepatnya lepas pantai selatan Jawa Timur dan Selatan Selat Sunda, Selatan Jawa Barat, kemudia Selatan Jawa Tengah serta sebelah barat kepulauan Mentawai yang dapat berdampak ke Sumatra Barat" kata Dwikorita.


Dwikorita juga menambahkan gempa gempa kecil yang akhir akhir ini muncul di Jatim merupakan alarm bagi semua pihak yang biasanya mengawali gempa gempa besar. "Di selatan Jatim, dari sekian ratus kejadian gempa sejak 2008, kelihatan ada zona yang kosong, tidak ada titik titik pusat gempanya. Zona Zona yang kosong ini dari yang dikatakan sebagai seismik gap yang dikhawatirkan" ujarnya.

0 comments