BMKG Klarifikasi Kesalahan Sistem Informasi Kemungkinan Gempa dan Tsunami Pada 4 Juni Mendatang

VONMAGZ, Jakarta- BMKG memberikan klarifikasi atas informasi SMS Blast yang menyebut adanya perkiraan gempa dini dengan kekuatan M 8,5 yang berpotensi tsunami pada 4 Juni mendatang di Jawa Timur, NTB, Bali, NTT dan Jawa Tengah pada Kamis (27/4) pukul 10.36 WIB. Dalam keterangan tertulis, BMKG menyampaikan bahwa adanya kesalahan error sistem. BMKG juga meminta maaf telah sempat membuat masyarakat panik.



"BMKG dan Kominfo telah merespons secara cepat dengan melakukan klarifikasi terhadap sistem pengirim informasi yang salah tersebut, melalui saluran kanal komunikasi yang sama, SMS BMKG-Kominfo. Terkait dengan itu, BMKG sudah berkoordinasi dan kemungkinan besar ini terjadi sistem error dan kami masih ditelurusi juga dimana letak kesalahannya. Jadi kami atas nama BMKG mohon maaf karena sistem error tersebut dan mohon maaf atas ketidaknyamanan" bunyi keterangan pers BMKG.


BMKG juga meminta agar masyarakat bijak menanggapi setiap isu atau kabar tentang gempa dan tsunami yang tidak dapat diprediksi kapan pun. Masyarakat disarankan mengklarifikasi setiap informasi peringatan dini terjadinya gempa yang didapat dari sumber manapun.

0 comments