Black Lives Matter Dinominasikan Nobel Prize Perdamaian 2021 Atas Gerakan Keadilan Rasial

VONMAGZ, Jakarta- Black Lives Matter telah dinominasikan Nobel Prize Perdamaian 2021. Petter Eide selaku anggota parlemen Norwegia mengatakan mencalonkan organisasi tersebut karena telah memunculkan kesadaran baru tentang keadilan rasial. "Untuk memajukan gerakan keadilan rasial dan menyebarkannya ke nagara lain sangat sangat penting. Black Lives Matter adalah kekuatan terkuat saat ini yang melakukan ini, tidak hanya di AS tetapi juga di Eropa dan Asia" kata Eide.

Images : ricardo B. Brazielli


Eide juga menyatakan bahwa Black Lives Matter meneruskan warisan gerakan keadilan rasial sebelumnya, seperti gerakan hak hak sipil di Amerika Serikat dan gerakan anti apartheid di Afrika Selatan. "Untuk Komite Nobel prize, ini menghubungkan perjuangan untuk keadilan, menghubungkannya dengan perdamaian. Tidak akan ada perdamaian tanpa keadilan. Dia dikorbankan karena berkulit hitam (George Floyd)".


Eide sendiri merupakan seorang anggota Partai Kiri Sosialis Norwegia dan mantan Sekretaris Jenderal Amnesty Internasional cabang Norwegia. Ia sebelumnya menominasikan aktivis hak asasi manusia dari Rusia dan China. "Kami mengadakan gerakan sosial terbesar dalam sejarah global. Hari ini, kami telah dinominasikan untuk Nobel Prize Perdamaian. Orang orang akan sadar tentang seruan global kami : untuk keadilan rasial dan diakhirinya ketidakadilan ekonomi, rasisme lingkungan, dan supremasi kulit putih" tulis Black Lives Matter di Twitter.

0 comments