Berawal Dari Berenang Massal di Sungai Gangga Hingga Kasus Laporan 15 Juta Positif Covid-19

VONMAGZ, Jakarta- India dilaporkan telah mencatat rekor 234.000 kasus virus covid baru dan 1.341 kematian yang jumlahnya terus meningkat sejak saat itu. Lalu negara tersebut jatuh kedalam tragedi dengan proporsi yang belum terjadi sebelumnya. Hampir 1,6 juta kasus terdaftar hanya dalam seminggu, sehingga total kasus kini menjadi lebih dari 15 juta. Dalam waktu 12 hari, tingkat laporan positif covid naik dua kali lipat menjadi 17% sementara di Delhi capai 30%. Rumah sakit di seluruh lokasi keterbatasan oksigen yang didominasi oleh anak muda dimana 65% kasus berusia dibawah 40 tahun.

Dok : The Times of Israel

Dok : AP


Rumah sakit terkemuka di Delhi mengeluarkan peringatan pada Jumat (23/4) mengumumkan bahwa oksigen yang tersisa hanya cukup untuk 2 jam dan puluhan pasien telah kehilangan nyawa di rumah sakit akibat kekurangan oksigen. Beberapa rumah sakit di India mengajukan petisi ke Pengadilan Tinggi untuk segera mencari pasokan oksigen.


Terlepas dari situasi tersebut, sebelumnya India yang berada dibawah pimpinan Partai Bharatiya Janata yang mengizinkan warganya untuk datang dan berenang di Sungai Gangga sebagai bagian dari ziarah Kumbh Mela di Haridwar, Uttarakhand pada 11 Maret 2021. Ia menyebut di media nasional yang mengatakan kepada jemaah bahwa sungai tersebut bersih dan aman untuk hadir. "Tidak ada yang akan dihentikan atas nama COVID-19 karena kami yakin iman kepada Tuhan akan mengatasi rasa takut akan virus" kata kepala menteri Uttarakhand.

Dok : AP

0 comments