Apple Store China Hapus Aplikasi Quran dan Alkitab Atas Arahan Pemerintah

VONMAGZ, JAKARTA- Hanya sehari setelah Microsoft mengumumkan penghapusan LinkedIn di China, Apple kini juga menghapus dua aplikasi Quran dan Alkitab di wilayah tersebut.


Sebelumnya aplikasi 'Quran Majeed' memiliki hampir satu juta pengguna di China dan memiliki kurang lebih 35 juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi tersebut telah dihapus oleh Apple dengan alasan 'berisi konten yang ilegal' lalu diubah menjadi bahwa aplikasi 'konten yang memerlukan dokumentasi tambahan dari otoritas Tiongkok'. Bukan hanya Quran, aplikasi Alkitab 'Olive Tree' juga dihapus minggu ini.

Getty Images


Seperti yang diketahui, Apple sangat bergantung pada produsen di China untuk membuat seluruh produknya. Banyak yang menilai hal tersebut membuat Apple sulit menolak permintaan pemerintah. Terlepas dari kontroversi ini, Apple sepertinya akan terus mengikuti permintaan China. Kebijakan Hak Asasi Manusia tertulis 'Kami diharuskan untuk mematuhi hukum setempat, dan terkadang ada masalah rumit yang mungkin tidak kami setujui dengan pemerintah'.

0 comments