Amazon Harus Bayar Hampir $62 Juta Setelah Komisi Perdagangan Temukan Adanya Korupsi Tip Drivers

VONMAGZ, Jakarta- Menyelesaikan tuduhan gaji yang dicuri oleh perusahaan yang diselidiki oleh Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat, Amazon akan membayar $61,7 juta kepada pengemudi Flex . Angka tersebut mewakili jumlah total gaji/ tip yang diduga ditahan selama dua setengah tahun sistem pembayaran dasar kontroversial Amazon Flex diberlakukan. "Secara total, Amazon mencuri hampir sepertiga tip pengemudi untuk capai keuntungannya sendiri. Memperluas kerajaan bisnisnya dan menipu para pekerjanya" kata Komisaris FTC Rohit Chopra dalam sebuah pernyataan.

Images : The New York Times


Saat dihubungi untuk dimintai komentar oleh media The Verge, Amazon menolak pernyataan bahwa struktur manajemen telah mencuri gaji karyawan. "Meskipun kami tidak setuju bahwa cara historis kami melaporkan pembayaran kepada pengemudi tidak jelas, kami menambahkan kejelasan tambahan pada tahun 2019 dan dengan senang hati melupakan masalah ini" kata seorang perwakilan Amazon kepada The Verge.

Images : The Guardian


Menurut keluhan FTC, Amazon menggunakan cara dengan merekrut drivers dengan janji gaji pokok yang tinggi dan potensi tip yang signifikan, kemudian meningkatkan keuntungannya sendiri dengan menggunakan pendapatan tip untuk menutupi sebagian besar gaji pokok yang dibayarkan. Para pekerja tersebut diberi tau bahwa mereka akan menyimpan 100 persen tip mereka dan menjamin gaji pokok antara $18 hingga $25/jam. Namun seluruh Drivers tidak diberi tahu bahwa tip terkadang akan digunakan untuk mengganti gaji pokok, sehingga sebagian dari jumlah tip tersebut akan langsung masuk ke Amazon bukan ke drivers.

0 comments