Alexa Akan Diluncurkan Untuk Meniru Suara Seseorang yang Sudah Sudah Meninggal

VONMAGZ, JAKARTA- Amazon dilaporkan saat ini tengah mengembangkan asisten suara digital 'Alexa' agar bisa meniru suara seseorang yang sudah tiada atau meninggal kurang dari satu menit. Laporan tersebut disampaikan pada hari Rabu (23 Juni) di konferensi pers untuk pembelajaran mesin, otomatisasi, robotika, serta ruang angkasa.

Dalam demo video yang ditampilkan saat konferensi pers tersebut, seorang anak laki-laki bertanya "Alexa, bisakah Nenek saya menyelesaikan membacakan saya 'The Wizard of Oz'? dimana suara nenek yang disintesis berasal dari speaker Amazon Echo Dot. "Seperi yang kalian liat, bukan suara Alexa membaca buku, itu suara nenek (yang sudah meningal) dari anak tersebut" kata wakil presiden senior dan kepala ilmuwan Alexa AI Amazon, Rohir Prasad kepada para peserta.


Bukan hanya orang yang sudah meninggal, Alexa juga bisa meniru suara para artis dan aktor nantinya, namun para pengguna harus merekam puluhan jam audio. Prasad mengatakan bahwa kemampuan AI Alexa untuk meniru ucapan seseorang yang sudah meninggal bisa mewakili cara untuk mengenang orang yang dicintai. "Tidak diragukan lagi, kita hidup di era keemasan AI, dimana impian dan fiksi ilmiah kita menjadi kenyataan" kata Prasad.


0 comments