Alasan Warteg Punya Dua Pintu di Kanan dan Kiri, Biar Banyak Rezeki

VONMAGZ, JAKARTA - Warung tegal atau warteg merupakan tempat makan masakan rumahan yang dinikmati oleh hampir seluruh kalangan. Warteg kebanyakan hadi dengan ciri khasnya yaitu dua pintu yang terletak di sisi kiri dan kanan dari bangunan, hal ini ternyata memiliki filosofi yang mendalam. Dilansir dari kumparanFOOD, seorang Budayawan asal Tegal, Yono Daryono mengungkapkan, "Soalnya biar rezekinya banyak,”


Photo Courtesy of Shutterstock


Secara filosofi, kehadiran dua buah pintu di warteg memang dianggap sebagai pembuka rezeki, namun dari segi arsitektur ada alasan lain yang juga masuk akal. “Tapi kalau dianalisis dari konteks arsitektur, biar enggak padetlah. Warteg, kan rata-rata kecil, ya, jadi solusinya biar keluar masuknya enak, ya itu dengan dua pintu," tambahnya.


Warteg biasanya hadir di lokasi padat penduduk dengan lahan yang kecil. Minimnya lahan ini dimanfaatkan dengan optimal untuk menampung pelanggan yang banyak. Oleh karena itu, dibuatlah dua pintu untuk memudahkan pelanggan keluar-masuk tanpa saling bertabrakan. Kehadiran dua pintu juga membuat tempat makan sederhana tersebut tampak tidak terlalu sesak dan lebih lega.

0 comments