Air Asia Ride Akan Masuk ke Indonesia, Driver Ojol Akan Jadi Karyawan Tetap Dengan Gaji Rp10 Juta

VONMAGZ, JAKARTA- Air Asia Ride sebentar lagi dilaporkan akan segera masuk ke Indonesia dengan Bali sebagai kota pertama. Pendaftaran sebagai driver ojol juga diperkirakan akan dibuka pada bulan November 2022.

Photo Courtesy of South China Morning Post


Berbeda dengan Gojek dan Grab dimana driver ojol dianggap mitra, jika di AirAsia para driver ojol akan dianggap sebagai karyawan tetap dengan gaji bulanan Rp10 juta. Dan saat ini di Malaysia, Air Asia sudah mulai menerapkan skema karyawan tetap kepaa driver ojol yang terdaftar di perusahaan dan mereka akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti bonus, asuransi, dan bonus tambahan lainnya, dilaporkan CNBC Indonesia. Selain itu di malaysia para driver juga mendapatkan biaya bahan bakar dan insentif tambahan dengan total pendapatan hingga RM 8.000 (26,4 juta). Lalu untuk karyawan Allstar akan mendapatkan asuransi medis pasangan dan anak, cuti tahunan, dan potongan harga penerbangan AirAsia untuk karyawan.


"Ini semua tentang menambahkan nilai pada kehidupan dan jalur karier mereka, dari pengemudi, mereka bisa menjadi awak kabin, pilot, analis data, pemasar digital, bagian dari kantor perusahaan. Langit ada batasnya" kata Tony Fernandes selaku CEO dari Air Asia.


Jika nanti Air Asia Ride sudah masuk ke Indonesia, ada syarat yang harus dipenuhi bagi para calon driver ojol untuk mendaftar. Lewat situs resmi AirAsia, kendaraan yang dimiliki oleh para driver tidak boleh di atas 10 tahun. Jadi kendaraan minimal yang digunakan adalah keluaran tahun 2012-2013 keatas.

0 comments