Ada Potensi Tsunami Setinggi 20 Meter di Pulau Jawa

Updated: Sep 27, 2020

VONMAGZ, Jakarta- Para peneliti dari Institut Teknologi Bandung saat ini memperingatkan adanya potensi gempa besar dan tsunami setinggi 20 meter di wilayah selatan Jawa Barat dan 12 meter di selatan Jawa Timur. Kepada Bidang Mitigasi gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono memberikan konfirmasi dan apresiasi atas kajian tersebut. "Adanya potensi gempa kuat di zona megathrust di selatan Pulau Jawa hasil kajian para ahli kebumian ITB yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature baru baru ini " tulis Daryono dalam akun Instagram resminya @daryobmkg. Menurutnya, perlu ada persiapan serius untuk mencegah kemungkinan kehilangan banyak korban jiwa dan perlu untuk memperkuat infrastruktur.

Dok : Ronna Nirmala


Widjo Kongko selaku Pakar Tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menegaskan bahwa belum ada teknologi apa pun yang dapat memastikan kapan dan di mana gempa atau tsunami besar akan terjadi. Potensi bencana tersebut hanya dapat dihitung dengan berbagai model saja. "Maka dari itu, dalam ketidakpastian kapan terjadinya, yang perlu dilakukan adalah upaya mitigasi dengan menyiapkan langkah langkah kongkrit untuk meminimalkan resiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa" ujarnya.


Ahli ITB juga mengungkapkan tidak adanya gempa besar dalam beberapa ratus tahun terakhir mengindikasikan ancaman gempa dahsyat terjadi di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa. Para ahli yang melakukan silumasi dengan inversi data GPS, memberikan hasil Jawa Barat di bagian Selatan Banten berpotensi dihantam tsunami dahsyat jika mengacu pada munculnya gempa di tahun ke 400 tahun sekali.


Di sisi lain, para pakar meminta bagi para warga yang memiliki rumah di pinggir pesisir pantai, jika merasakan getaran ataupun suara gelombang air laut yang mirip seperti suara kereta api diminta untuk tidak diam dan menerka apa yang terjadi. Para warga diminta untuk segera lari ke tempat yang lebih aman dan tinggi, tidak disarankan lari ke arah sungai ataupun lembah. Ancaman ini tentu perlu dibantu dengan upaya mitigasi, latihan evakuasi, dan memasang rambu evakuasi di daerah yang diperkirakan berpotensi.


0 comments