92 Gempa Bumi Tercatat Dalam Kurun Waktu 24 Jam di Gunung Nyiragongo, Kongo

VONMAGZ, Jakarta- 92 gempa bumi dan gempa lainnya telah tercatat dalam kurun waktu 24 jam terakhir di sekitar gunung berani gunung Nyiragongo di Republik Kongo, seperti yang dilansir oleh CNN. Gunung berapi setinggi 11.500 kaki tersebut telah meletus sejak sabtu minggu lalu dan menewaskan 31 korban. Gempa yang dirasakan bahkan dapat dirasakan hingga ibukota Rwanda, Kigali.

Dok : The Weather Channel


"Ada 92 gempa bumi dan getaran dalam 24 jam terakhir. Hanya 4 yang dirasakan oleh manusia, sisanya terdeteksi oleh instrumen" kata Gubernur Militer Kivu Utara, Constant Ndima. Seorang ahli vulkanologi, Dario Tedesco menjelaskan bahwa celah di patahan regional terus berkontribusi pada aktivitas gempa yang terjadi baru baru ini. Gumpalan abu abu muda keluar dari kawah gunung berapi yang menunjukkan lantai kawah sedang runtuh. Menurut Tedesco, abu abu hitam yang menandakan akan adanya ledakan, oleh karena itu abu abu muda tidak menunjukkan bahaya.


Kini sekitar 400.000 orang telah dievakuasi dari zona merah di kota Goma, ibukota provinsi Kivu Utara yang terletak di tepi danau Kivu di perbatasan DRC dengan Rwanda.

0 comments