46 Calon Jemaah Haji yang Dideportasi Ternyata Pakai Visa Palsu Hasil Photoshop

VONMAGZ, JAKARTA- Sebanyak 46 calon haji dideportasi oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi karena menggunakan visa tidak resmi. Seperti yang disampaikan oleh duta besar RI untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel mengatakan bahwa visa yang dipakai oleh 46 calon haji tersebut adalah visa editan adobe photoshop. Ia memastikan bahwa visa palsu itu adalah produk modifikasi dengan mengambil format sampel visa Arab Saudi yang biasanya digunakan untuk tujuan wisata dan visit.

Photo Courtesy of Okezone


"Dokumen yang dipakai oleh 46 CJH (Calon Jamaah Haji) tersebut adalah visa palsu alias visa produk software adobe photoshop atau adobe ilustrator. Arab Saudi tidak pernah menerbitkan visa haji dengan format dan model aneh seperti itu. Kok bisa terbang ya? Apa di bandara tidak ada yang cek validasi visa? Sebenarnya mudah sekali mengenali visa haji asli dan palsu dilihat dari karakteristiknya" kata Agus Maftuh kepada Detik.com.


Di sisi lain, Agus Maftuh juga mengatakan bahwa visa 'furoda' yang digunakan oleh calon 46 CJH tidak dikenal dalam sistem visa kerjaan Arab Saudi. Di Arab Saudi hanya mengenal 'Courtesy Visa' atau visa penghormatan kepada tokoh-tokok yang berjasa dalam penguatan hubungan bilateral Saudi dengan negara tertentu.

0 comments