2 Minggu Lakukan Penyelidikan, WHO Ungkap Covid-19 Bukan Berasal Dari Pasar Wuhan

VONMAGZ, Jakarta- Tim Organisasi Kesehatan Dunia, WHO mengungkapkan melalui konferensi pers bahwa asal usul Covid-19 bukan dari kebocoran laboratorium di dekat lokasi pasar Wuhan, China. Selain itu, menurut WHO tidak ada bukti bahwa virus corona berasal dari pasar Wuhan, melainkan hanya berpotensi menyebar di pasar tersebut dari hewan ke manusia, menurut pakar keamanan pangan dan penyakit hewan dari WHO, Peter Ben Embarek.

Dok : US News & World Record


"Tidak ada bukti bahwa virus itu berasal dari sana. Secara hipotesis, semua kondisi yang memungkinkan menyebar ada semua disana" kata anggota tim peneliti WHO asal Rusia yang dilansir oleh media China,Xinhua. WHO dan China sendiri telah menghadapi kritikan dan kecaman dari seluruh dunia atas respons lambat pandemi yang terjadi. China juga berkali kali melarang dan memblokir para penyelidik untuk memasuki pasar Wuhan selama berbulan bulan lamanya dan akhirnya berhasil dilakukan pada pertengahan Januari 2021 lalu.


"Temuan menunjukkan bahwa hipotesis insiden laboratorium sangat tidak mungkin menjelaskan masuknya virus ke populasi manusia. Oleh karena itu, kami tidak menyarankan hipotesis penelitian di masa depan ke dalam pemahaman tentang asal usul virus" kata Embarek yang telah membuat penilaian pada akhir kunjungan ke kota Wuhan. Peter Daszak selaku ahli zoologi yang juga membantu misi WHO menjelaskan bahwa seluruh tim telah berhasil menemukan petunjuk penting. "Kami duduk bersama mereka (para ilmuwan tiongkok) setiap hari dan memeriksa informasi, data baru, kemudian kami pergi ke tempat tempat tertentu. Kami pergi ke setiap tempat dan mereka sangat terbuka dengan itu" jelas Daszak.

0 comments